Otak Anda adalah "pabrik pikiran." Pabrik yang juga sibuk menghasilkan pikiran yang tak terhitung setiap jam.

Produksi di dalam pabrik pikiran Anda berada di ba wah pengawasan dua mandor, salah satunya kita sebut saja Tuan Kemenangan, dan yang satu lagi, Tuan Kekalahan. Tuan Kemenangan bertanggung jawab untuk menghasilkan pikiran-pikiran yang positif. Ia berspesialisasi menghasilkan alasan-alasan mengapa Anda dapat, mengapa Anda cakap, dan mengapa Anda akan berhasil.

Mandor yang satunya lagi, Tuan Kekalahan, menghasilkan pikiran negatif yang menurunkan nilai diri. Ia adalah ahli dalam mengembangkan alasan-alasan mengapa Anda tidak dapat, mengapa Anda lemah, me-ngapa Anda tidak memadai. Spesialisasinya adalah rangkaian pikiran "mengapa-Anda-akan-gagal."

Baik Tuan Kemenangan maupun Tuan Kekalahan sangat patuh kepada Anda. Mereka cepat menjalankan perintah. Yang perlu Anda lakukan untuk memberi isyarat kepada kedua mandor hanyalah kesiapan mental sedikit saja. Jika isyaratnya positif, Tuan Kemenangan akan melangkah maju dan segera bekerja. Begitu pula, isyarat negatif membuat Tuan Kekalahan melangkah maju.

Untuk melihat bagaimana kedua mandor ini bekerja untuk Anda, coba contoh ini. Katakan kepada diri sendri, "Hari ini benar-benar buruk," Ini mengisyaratkan Tuan Kekalahan untuk bertindak, dan ia pun menghasilkan sejumlah fakta untuk membuktikan bahwa Anda benar. Ia menyatakan bahwa hari ini terlalu panas, atau terlalu dingin; bisnis akan buruk hari ini, penjualan akan turun, orang lain akan gelisah, Anda mungkin jatuh sakit, istri Anda dalam suasana hati yang tidak menyenangkan. Tuan Kekalahan benar-benar efisien. Dalam beberapa saat saja, ia sudah membuktikan bahwa hari ini benar-benar buruk, dan sebelum Anda menyadarinya, ini benar-benar menjadi hari yang buruk sekali!

Akan tetapi, katakan kepada diri sendiri, "Hari ini hari baik," dan Tuan Kemenangan diisyaratkan untuk maju. Ia memberitahu Anda "Ini adalah hari yang baik sekali. Cuaca cerah. Hidup ini menyenangkan sekali." Walaupun turun hujan, ia akan mengatakan, "Betapa segarnya hujan ini. Ini membuat kita senang menjalani hidup ini. Hari ini Anda dapat mengejar sebagian kerja Anda." Dan pastilah hari ini ternyata memang hari yang benar-benar baik.

Dengan cara yang serupa, Tuan Kekalahan dapat memperlihatkan kepada Anda mengapa Anda tidak dapat berhasil. Tuan Kemenangan akan memperlihatkan kepada Anda bahwa Anda dapat. Tuan Kekalahan akan meyakinkan Anda bahwa Anda akan gagal, sementara Tuan Kemenangan akan memperlihatkan mengapa Anda akan berhasil.

Sekarang, semakin banyak pekerjaan yang Anda berikan kepada salah satu dari kedua orang mandor ini semakin kuat ia jadinya. Jika Tuan Kekalahan diberi banyak pekerjaan, ia mengambil tempat lebih banyak di dalam otak Anda. Akhirnya, ia akan mengambil alih seluruh divisi pembuat pikiran, dan hampir semua pikiran akan menjadi bersifat negatif.

Satu-satunya tindakan yang bijaksana adalah memecat Tuan Kekalahan. Anda tidak membutuhkannya. Anda tidak menginginkan dia berada di dekat Anda sambil mengatakan kepada Anda bahwa Anda tidak dapat, bahwa Anda tidak dapat mengerjakannya, bahwa Anda akan gagal, dan seterusnya. Tuan Kekalahan tidak akan membantu Anda tiba di tempat yang Anda tuju, maka pecat saja dia.

Gunakan Tuan Kemenangan seratus persen selalu. Ketika ada pikiran memasuki benak Anda, minta Tuan Kemenangan agar bekerja untuk Anda. Ia akan memperlihatkan bagaimana Anda dapat berhasil. :-)

Salam Sukses Luar Biasa!

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Terima kasih.