Kapan seseorang itu terlalu muda? Variasi "Saya terlalu muda" dari dalih usia mengakibatkan kerusakan yang besar pula.

Sekitar satu tahun yang lalu, seorang pemuda bernama Jerry yang berusia 23 tahun datang kepada saya dengan sebuah masalah. Jerry adalah pemuda yang baik. Ia menjadi pasukan terjun selama perang, dan kemudian melanjutkan kuliah. Sementara kuliah, Jerry membiayai istri dan putranya dengan menjual untuk perusahaan transfer dan penyimpanan. Ia telah melakukan pekerjaan yang baik sekali, baik di perguruan tinggi maupun untuk perusahaannya.

Namun, hari ini Jerry merasa khawatir. "Dr. Schwartz," katanya, "saya mempunyai sebuah masalah. Perusahaan tempat saya bekerja menawarkan pekerjaan sebagai manajer penjualan. Ini akan menjadikan saya penyelia (supervisor) atas delapan orang wiraniaga."

"Selamat, itu berita baik!" saya berkata. "Tetapi Anda tampaknya khawatir."
"Ya," lanjutnya, "kedelapan orang yang akan saya selia berusia 7 hingga 21 tahun lebih tua dari saya. Apa menurut Anda yang harus saya lakukan? Dapatkah saya menanganinya?"

"Jerry," saya menjawab, "manajer umum perusahaan Anda jelas menganggap Anda cukup tua, karena kalau tidak ia tidak mungkin menawarkan pekerjaan ini untuk Anda. Ingat saja tiga pokok ini dan segalanya akan berjalan baik:

"pertama, jangan terlalu memperhatikan usia.
Di pertanian, seorang anak laki-laki dianggap dewasa kalau ia terbukti dapat melakukan pekerjaan seorang dewasa. Usia tidak ada kaitannya dengan pengakuan kedewasaan. Dan ini berlaku pada Anda. Jika Anda membuktikan diri mampu menangani pekerjaan seorang manajer penjualan, Anda otomatis sudah cukup tua untuk itu.

"Kedua, jangan sombong.
Perlihatkan respek kepada wiraniaga bawahan Anda. Minta mereka memberikan saran. Buat mereka merasa bekerja untuk seorang kapten tim, bukan diktator. Lakukan ini, dan orang-orang itu akan bekerja bersama bersama Anda, bukan menentang Anda.

"Ketiga, biasakan diri membawahkan orang yang lebih tua bekerja untuk Anda.
Para pemimpin di segala bidang segera mendapatkan diri mereka lebih muda dibandingkan banyak dari orang yang mereka pimpin. Jadi, biasakan diri mempunyai bawahan yang lebih tua bekerja untuk Anda. Hal ini akan sangat membantu pada tahun-tahun mendatang ketika peluang yang lebih besar muncul.

"Dan ingat, Jerry, usia Anda tidak akan menjadi penghalang jika Anda tidak menjadikannya demikian."

Sekarang ini, Jerry berhasil baik. Ia menyukai bisnis transportasi dan sekarang ia merencanakan untuk mengorganisasikan perusahaannya sendiri dalam beberapa tahun mendatang.

Kemudaan menjadi kelemahan hanya jika orang muda memandangnya demikian. Anda sering mendengar bahwa pekerjaan tertentu mensyaratkan kematangan fisik, pekerjaan seperti menjual surat berharga dan asuransi. Sama sekali omong kosong bahwa Anda harus mempunyai rambut kelabu, atau botak sama sekali, agar mendapatkan kepercayaan investor.

Yang benar-benar penting adalah seberapa baik Anda menguasai pekerjaan Anda. Jika Anda menguasai pekerjaan Anda dan mengerti orang lain, Anda cukup matang untuk menanganinya. Usia tidak mempunyai kaitan dengan kemampuan, kecuali jika Anda meyakinkan diri Anda bahwa tahun-tahun itu saja akan memberi Anda bahan yang Anda perlukan untuk menghasilkan nama baik.

Banyak orang muda merasa bahwa mereka dihambat oleh usia mereka yang masih muda. Memang benar bahwa orang lain di dalam organisasi yang merasa tidak aman dan takut kehilangan pekerjaan mungkin berusaha menghambat jalan Anda untuk maju, dengan menggunakan usia atau alasan lain.

Namun, orang yang benar-benar cakap di dalam perusahaan tidak akan berbuat begitu. Mereka akan memberi Anda tanggung jawab sebesar yang mereka rasa dapat Anda tangani dengan baik. De-monstrasikan bahwa Anda mempunyai kemampuan dan sikap positif dan kemudaan Anda akan dianggap sebagai keuntungan.

Ringkasnya, obat untuk dalih usia adalah:

Lihat usia Anda yang sekarang secara positif. Berpikirlah "Saya masih muda," bukan "Saya sudah tua." Berlatihlah memandang ke depan ke cakrawala baru, dan dapatkan antusiasme serta perasaan muda.

Hitung berapa banyak waktu produktif yang masih Anda miliki. Ingat, usia 30 berarti masih ada 80 persen kehidupan produktif yang dimiliki. Dan usia 50 berarti masih ada 40 persen – 40 persen yang terbaik – dari tahun-tahun penuh peluang yang tersisa. Hidup sebenarnya lebih panjang daripada yang kebanyakan orang duga!

Investasikan waktu masa depan dalam mengerjakan apa yang benar-benar ingin Anda kerjakan. Terlalu terlambat jika Anda membiarkan pikiran Anda bersifat negatif dan berpikir bahwa segalanya sudah terlambat. Berhentilah berpikir "Saya seharusnya memulai bertahun-tahun yang lalu." Itu adalah berpikir gagal. Sebagai gantinya berpikirlah,"Saya akan memulai sekarang, tahun-tahun terbaik saya menanti di depan saya." Itulah cara orang sukses berpikir. :-)

Salam Sukses Luar Biasa!

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda tentang tulisan saya.
Terima kasih.