11 Tipe Cara Berpikir Orang Sukses

18 September 2010

Siapapun kita pasti menginginkan sukses. Tapi apa itu arti kesuksesan dan apa bentuk kongkritnya, tidak sedikit orang kesulitan mendefinisikannya. Apalagi mencapainya. Hal itu tak lain karena kita hidup di lingkungan yang telah memberikan pemaknaan yang begitu kabur, menjalani hidup tanpa terencana hingga suatu saat di hari tua kita sadar bahwa semua telah berlalu.

Banyak dari kita telah terperangkap pada mindset (cara berpikir) yang telah demikian tertanam dalam benak kita, sehingga tak jarang kita menjadi terkoptasi dalam realitas yang parsial

Anda dapat menggunakan 11 Tipe cara berpikir orang sukses dari buku John C. Maxwell, “Thinking For A Chance”, Warner Business Books (2003); yang dapat anda terapkan untuk kesuksesan hidup dan karir anda.

Bottom line thinking not wishful thinking. Berfokus pada hasil sehingga dapat meraih hasil berdasarkan potensi pemikiran yang dimiliki.

Big picture thinking not small thinking. Cara berpikir ini menjadikan mereka terus belajar, banyak mendengar dan terfokus sehingga cakrawala mereka menjadi luas.

Creative thinking not restrictive thinking. Proses berpikir kreatif ini meliputi: think-collect-create-correct-connect.

Strategic thinking not random thinking, sehingga simplifies, customize, antisipatif, reduce error and influence other dapat dilakukan.

Realistic thinking not fantasy thinking. Memungkinkan mereka meminimalkan risiko, ada target & plan, security, sebagai katalis dan memiliki kredibilitas.

Reflective thinking not impulsive thinking. Memungkinkan mereka memiliki integritas, clarify big picture, confident decision making.

Shared thinking not solo thinking. Berbagi pemikiran dengan orang lain untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Unselfish thinking not selfish thinking. Memungkinkan mereka berkolaborasi dengan pemikian orang lain.

Innovative thinking not popular thinking. Menghindari cara berpikir yang awam untuk meraih sesuatu yang lebih baik.

Focused thinking not scattered thinking, sehingga dapat menghemat waktu dan energi, loncatan-locatan besar dapat mereka raih.

Possibility thinking not limited thinking. Mereka dapat berpikir bebas dan menemukan solusi bagi situasi yang dihadapi.


Ingatlah, kesuksesan anda ditentukan oleh tindakan anda. dan tindakan anda ditentukan oleh fikiran anda. :-)

Salam Sukses Luar biasa!